Bacaan Bilal Idul Adha Arab, Latin dan Artinya (2024)

Daftar Isi

  • Bacaan Bilal Idul Adha
  • 1. Bacaan Bilal Idul Adha sebelum Salat Id 2. Bacaan Bilal Idul Adha setelah Salat Id 3. Bacaan Bilal Idul Adha sebelum Khutbah Hari Raya
  • Amalan Sunnah Salat Idul Adha
  • 1. Mandi 2. Memperbanyak Takbir 3. Mengenakan Pakaian Terbaik 4. Makan setelah Salat Idul Adha 5. Melewati Jalan yang Berbeda

Jakarta -

Terdapat bacaan khusus yang dilafalkan bilal Idul Adha ketika salat hendak dimulai, ketika salat sudah selesai dan ketika akan dibacakan khutbah. Bacaan bilal Idul Adha menjadi penanda karena salat Idul Adha tidak dimulai dengan kumandang azan maupun ikamah.

Salat Idul Adha adalah salat sunnah yang dikerjakan pada 10 Zulhijah. Salat ini termasuk istimewa karena termasuk salat hari raya.

Baca juga: Hitung Mundur Idul Adha 2024, Berapa Hari Lagi?

Mengutip buku Pedoman Dan Tuntunan Shalat Lengkap oleh Abdul Kadir Nuhuyanan dijelaskan salat Idul Adha dikerjakan pagi hari sekitar pukul 06.00-06.30 WIB, lebih pagi dibandingkan salat Idul Fitri. Tidak ada adzan dan iqamat yang mendahului salat ini, oleh karena itu bilal memiliki peran yang cukup penting.

Terkait bilal salat Idul Adha dijelaskan dalam hadits yang tertulis di Kitab Al-Muhadzdzab dan syarahnya Al-Majmu sebagaimana dikutip dari NU Online,

ولا يؤذن لها ولا يقام لما روى عن بن عباس رضي الله عنهما قال " شهدت العيد مع رسول الله صلي الله عليه وسلم ومع أبي بكر وعمر وعثمان رضي الله عنهم فكلهم صلى قبل الخطبة بغير اذان ولا اقامة " والسنة أن ينادى لها الصلاة جامعة لما روى عن الزهري أنه كان ينادى به

ADVERTIsem*nT

Artinya: "Pada salat Idul tidak terdapat kumandang azan dan iqamah sebagaimana riwayat Ibnu Abbas RA 'Aku menyaksikan salat Id bersama Rasulullah SAW, Abu Bakar, Umar, dan Utsman RA. Mereka semua melakukan shalat sebelum khutbah tanpa azan dan iqamah.' (Bilal) Dianjurkan untuk menyeru dengan 'as-shalāta(u) jāmi'ah' sebagaimana riwayat Az-Zuhri RA bahwa ia diseru dengan kalimat demikian."

Bacaan Bilal Idul Adha

Merangkum buku Kumpulan Doa, Dzikir dan Sholawat Al-Khoirot oleh A. Fatih Syuhud, berikut bacaan bilal pada salat Idul Adha:

1. Bacaan Bilal Idul Adha sebelum Salat Id

Ketika imam datang dan siap memulai salat Id, bilal segera mengumandangkan seruan (tarqiyyah):

الصَّلَاةَ جَامِعَةً

Latin: As-shalāta(u) jāmi'ah.

Artinya: "(Marilah) salat Idul Adha berjamaah."

Kemudian bilal melanjutkan dengan bacaan berikut:

الصَّلَاةَ سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ صَلَاةً جَامِعَةً رَحِمَكُمُ اللهُ

الصَّلَاةَ سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ صَلَاةً جَامِعَةً رَحِمَكُمُ اللهُ

الصَّلَاةَ سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى جَامِعَةً لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

Latin: Ash-shalaatu sunnatan li'iidil adhaa rak'ataini shalaatan jaami'atan rahimakumullaah.

Ash-shalaatu sunnatan li'iidil adhaa rak'ataini shalaatan jaami'atan rahimakumullaah.

Ash-shalaatu sunnatan li'iidil adhaa laa ilaaha illallaah.

Artinya: "(Marilah kita) salat sunnah Idul Adha dua rakaat secara berjamaah. Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya kepada kalian semua. (Marilah kita) sholat sunnah Idul Adha dua rakaat secara berjamaah. Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya kepada kalian semua. (Marilah kita) salat sunnah Idul Adha berjamaah. Tiada tuhan selain Allah."

2. Bacaan Bilal Idul Adha setelah Salat Id

Setelah salat Idul Adha selesai dengan diakhiri salam, bilal bisa melanjutkan bacaan berikut:

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ وَزُمْرَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ، إِعْلَمُوْا أَنَّ يَوْمَكُمْ هٰذَا يَوْمُ عِيْدِ الْأَضْحَى وَيَوْمُ السُّرُوْرِ وَيَوْمُ الْمَغْفُوْرِ، أَحَلَّ اللهُ لَكُمْ فِيْهِ الطَّعَامَ، وَحَرَّمَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامَ، إِذَا صَعِدَ الْخَطِيْبُ عَلَى الْمِنْبَرِ أَنْصِتُوْا أَثَابَكُمُ اللهُ، وَاسْمَعُوْا أَجَارَكُمُ اللهُ، وَأَطِيْعُوْا رَحِمَكُمُ الله

Latin: Ma'aasyiral muslimina wa zumratal mu'miniina rahimakumullaah, i'lamuu anna yaumakum haadzaa yaumu 'iidil adha wa yaumus suruuri wa yaumul maghfuuri, ahalallahu lakum fiihith tha'aama wa harrama 'alaikumush shiyaama, idzaa sha'idal khatiibu 'alal minbari ansh*tuu atsaabakumullaahu, wasma'uu ajaarakumullaahu, wa athii'u rahimakumullaah.

Artinya: "Wahai sekalian kaum muslimin dan golongan kaum mukminin, semoga Allah memberi rahmat kepada kalian. Ketahuilah sesungguhnya hari kalian ini adalah hari Idul Adha, hari bahagia, dan hari pengampunan. Allah menghalalkan bagi kalian makan pada hari itu dan Allah mengharamkan bagi kalian puasa pada hari itu. Apabila khatib naik ke atas mimbar, perhatikanlah, dengarkanlah dan taatilah, semoga Allah memberi rahmat kepada kalian."

3. Bacaan Bilal Idul Adha sebelum Khutbah Hari Raya

Idul Adha juga dilengkapi dengan khutbah. Sebelum khutbah dimulai, bilal akan memberi aba-aba berupa seruan. Berikut seruan penanda khutbah:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِناَ وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ . اللَّهُمَّ قَوِّ الْإِسْلَامَ وَالْإِيْمَانَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى مُعَانِ الدِّيْنِ، رَبِّ إخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ، وَيَا خَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَآأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latin: Allahumma shalli 'ala sayyidina muhammad, allahumma shalli 'ala sayidina wa maulaana muhammad, Allahumma shalli wa sallim 'ala sayyidina wa maulana muhammad wa 'ala aali sayyidina muhammad. Allahumma qawwil islam wal imaana minal muslimiin wal muslimaat wal mu'miniina wal mu'minaat al ahyaa-i minhum wal amwaat, wanshurhum 'ala mu'aaniddiin, rabikhtim lanaa minka bil khair, wa ya khairan naashiriina birahmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya: "Ya Allah, kuatkanlah keislaman dan keimanan kaum muslimin (laki-laki) dan muslimat (perempuan), kaum mukminin (laki-laki) dan mukminat (perempuan), yang masih hidup dari mereka semua dan juga yang sudah meninggal, mudahkanlah mereka untuk mengokohkan agama, akhirilah (hidup) kami dari-Mu dengan kebaikan, wahai Tuhan sebaik-baik penolong, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua penyayang."

Amalan Sunnah Salat Idul Adha

Idul Adha merupakan momen mulia bagi umat Islam. Untuk meraih pahala dan mendulang banyak keutamaaan, ada beberapa amalan yang bisa dikerjakan saat Idul Adha.

1. Mandi

Mandi sebelum mendirikan salat Idul Adha menjadi salah satu amalan sunnah. Waktu mandi yaitu mulai dini hari sebelum subuh, atau setelah salat Subuh pada tanggal 10 Zulhijah.

Sayyidina 'Ali bin Abu Thalib serta Abdullah bin Umar diceritakan sudah membiasakan diri untuk mandi sebelum melakukan salat Id. Bahkan, kesunahan mandinya sama dengan ketika mandi sebelum salat Jumat.

2. Memperbanyak Takbir

Takbir bisa dilantunkan saat bersiap berangkat menuju masjid atau lapangan. Lantunan takbir juga dianjurkan selalu dibaca sebelum salat dimulai dan setelah salat dikerjakan.

Takbir Idul Adha dimulai setelah selesai salat Subuh pada pagi hari Arafah (9 Zulhijah) sampai dengan akhir hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijah).

3. Mengenakan Pakaian Terbaik

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits, Ali bin Abi Thalib RA berkata, "Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya." (HR Al-Hakim)

4. Makan setelah Salat Idul Adha

Diriwayatkan dari 'Adullah Ibnu Buraidah dari ayahnya (yaitu Buraidah Ibnu al-Husaib) ia berkata, "Rasulullah SAW pada hari Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari Idul Adha tidak makan sampai sholat lebih dahulu." (HR at-Tirmidzi)

5. Melewati Jalan yang Berbeda

Rasulullah SAW mengajarkan untuk melintasi jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang salat Idul Adha. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits,

"Nabi SAW ketika salat Id, beliau lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang." (HR Al Bukhari)

Baca juga: Lebaran Haji 2024 Berapa Hari Lagi? Ini Perkiraannya

Pondok Gontor Ungkap Alasan Gelar Salat Id Lebih Awal dari Pemerintah

Pondok Gontor Ungkap Alasan Gelar Salat Id Lebih Awal dari Pemerintah


(dvs/kri)

idul adhasalat idul adhabilalbacaan bilalsalat idhikmah

Bacaan Bilal Idul Adha Arab, Latin dan Artinya (2024)

FAQs

Apa saja yang dibaca saat sholat Idul Adha? ›

Bacaan di antara takbir sholat Idul Adha

Di antara takbirnya, jemaah dapat membaca zikir berikut. Arab-latin: Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil azhîm.

Apa yang kamu ketahui tentang salat Idul Adha? ›

Sholat Idul Adha adalah sholat yang dikerjakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Takbir 7 kali sholat Idul Adha baca apa? ›

b. Bacaan Takbir 7 Kali-5 Kali Sholat Idul Adha versi 2

Subhânallâh, walhamdulillâh, walâ ilâha illallâh, wallâhu akbar, wa lâ haula walâ quwwata illâ billâhil 'aliyyil azhîm.

Apa hukumnya tidak sholat Idul Adha? ›

2. Imam Hanafi

sem*ntara di dalam buku Kitab Lengkap dan Praktis Fiqh Wanita oleh Abdul Syukur Al-Azizi, Imam Hanafi menyatakan sholat Idul Adha hukumnya fardhu ain. Artinya, sholat Idul Adha wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam. Bagi mereka yang meninggalkan sholat Idul Adha tanpa uzur, akan berdosa.

Apa yang harus dilakukan sebelum sholat Idul Adha? ›

Mandi. Mandi sebelum sholat Idul Adha perlu diamalkan untuk semua umat Muslim, baik laki-laki maupun perempuan, termasuk mereka yang sedang udzur syar'i. Mandi ini dapat dilakukan mulai pertengahan malam, tapi dianjurkan setelah subuh. Hal ini agar tubuh tetap segar dan bersih saat berangkat ke masjid.

Apakah sholat Idul Adha bisa dilakukan sendiri di rumah? ›

Dilansir dari NU Online, meski lebih baik dilakukan secara berjemaah, dalam kondisi tertentu salat Iduladha boleh dilakukan secara munfarid atau sendirian.

Apa niat sholat Idul Adha? ›

2. Niat Sholat Idul Adha untuk Makmum

أُصَلَّى سُنَّةً لِعِيْدِ الْأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى اللَّهُ أَكْبَرُ.

Berapa kali takbiratul ihram dalam shalat Idul Adha? ›

Dikutip dari laman NU Online, sholat Idul Adha dilakukan sebanyak dua rakaat, sama halnya dengan sholat Idul Fitri. Takbir sholat Idul Adha berjumlah tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua, dilakukan sebelum membaca surat dalam Al Quran.

Apa keistimewaan sholat Idul Adha? ›

Sholat Idul Adha memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah sebagai berikut: Menjadi tanda syukur atas nikmat Allah SWT. Memperkuat tali silaturahmi antarumat Muslim. Sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Ibrahim AS.

Apakah wajib mandi sebelum sholat Ied? ›

Sebelum berangkat ke tempat sholat Idul Adha, umat muslim disunahkan untuk mandi.

Setelah takbir membaca apa sholat Idul Adha? ›

Bacaan Takbir 7x Sholat Idul Idul Adha #2

Selain bacaan tasbih di atas, seseorang juga dapat membaca bacaan tasbih berikut ini: اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا. Arab Latin: Allahu akbar kabîrå, wal hamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukrataw wa ashîlà.

Apakah sholat Idul Adha membaca takbiratul ihram? ›

Sholat ini dikerjakan dua rakaat dan tidak ada sholat sunnah sebelum maupun sesudahnya. Melansir laman Muhammadiyah, berikut ini tata caranya: Memulai dengan takbiratul ihram, sebagaimana sholat lainnya, diiringi niat ikhlas karena Allah; Membaca doa Iftitah.

Rasulullah ketika melaksanakan shalat Id membaca surah apa? ›

4. Membaca Surat Qaf dan Al-Qamar Saat Salat. Artinya: Diceritakan Abu Waqid Al-Laithi (RA), "Rasulullah SAW biasa membaca pada Idul Fitri dan Idul Adha surat Qaf dan Al-Qamar." (Dilaporkan Imam Muslim).

Bagaimana Bacaan niat sholat Idul Adha? ›

2. Niat Sholat Idul Adha untuk Makmum

أُصَلَّى سُنَّةً لِعِيْدِ الْأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى اللَّهُ أَكْبَرُ.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Rubie Ullrich

Last Updated:

Views: 5768

Rating: 4.1 / 5 (72 voted)

Reviews: 87% of readers found this page helpful

Author information

Name: Rubie Ullrich

Birthday: 1998-02-02

Address: 743 Stoltenberg Center, Genovevaville, NJ 59925-3119

Phone: +2202978377583

Job: Administration Engineer

Hobby: Surfing, Sailing, Listening to music, Web surfing, Kitesurfing, Geocaching, Backpacking

Introduction: My name is Rubie Ullrich, I am a enthusiastic, perfect, tender, vivacious, talented, famous, delightful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.